Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 3 (2025): Januari

Hubungan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dengan Pengembangan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Siswa Kelas IV SD Inpres 6/75 Ta Kabupaten Bone)

Hafid, Abd (Unknown)
Rahmi, Sitti (Unknown)
Hamzah, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian korelasional ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara penerapan nilai-nilai profil siswa pancasila dengan perkembangan karakter siswa di kelas IV SD Inpres 6/75 Ta. Populasi penelitian ini terdiri dari semua siswa di kelas IV SD Inpres 6/75 Ta, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Penelitian ini melibatkan 21 individu. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Gambaran implementasi nilai-nilai profil pelajar pancasila siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Ta berada pada kategori sedang dengan frekuensi 16 orang (76%), dan gambaran pengembangan karakter siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Ta berada pada kategori sedang dengan frekuensi 13 orang (62%). Hasil analisis statistik inferensial korelasi pearson produk moment mencapai 0,838, yang menunjukkan kategori yang sangat kuat karena berada di rentang 0,80–1,000. Ada korelasi antara penerapan nilai-nilai profil siswa pancasila dengan pengembangan karakter siswa sebesar 0,838, dengan rhitung 0,838 lebih besar dari rtabel 0,4329, di mana H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan nilai-nilai profil siswa pancasila dan peningkatan karakter siswa di kelas IV SD Inpres 6/75 Ta, dengan nilai korelasi 0,838, yang merupakan kategori yang sangat kuat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...