Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 3 (2025): Januari

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD

Rosmalah, Rosmalah (Unknown)
Rukayah, Rukayah (Unknown)
Serliyantirahbi, Serliyantirahbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi canva terhadap hasil belajar IPAS siswa Kelas V SD Inpres 10/73 Mappesangka. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group PretestPostest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Inpres 10/73 Mappesangka dengan sampel sebanyak 20 siswa yang dipilih berdasarkan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar IPAS siswa sebelum dan setelah perlakuan media aplikasi canva. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata pretest 72,50 sedangkan rata-rata posstest 79,75. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data diperoleh thitung - 12.704 > ttabel 1.72472. Jadi thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan media aplikasi canva terhadap hasil belajar IPAS siswa V SD Inpres 10/73 Mappesangka Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...