Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 15 No. 02 (2026): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Agustus 2026)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL MELALUI MEDIA TINKERCAD DAN LIVEWIRE PADA ELEMEN KOMPONEN AKTIF DAN PASIF DI SMKN 3 SURABAYA

Priyoga, Fransisca Cicik (Unknown)
Sumbawati, Meini Sondang (Unknown)
Rusimamto, Puput Wanarti (Unknown)
Zuhrie, Muhamad Syariffuddien (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran di SMKN 3 Surabaya kurang menarik dan membatasi pemahaman peserta didik terhadap materi elemen komponen aktif dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan hasil belajar dan kemampuan literasi digital peserta didik melalui penggunaan media Tinkercad dan Livewire pada materi elemen komponen aktif dan pasif di SMKN 3 Surabaya. Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan di sekolah, serta rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran yang menuntut pemahaman praktis dan teoritis secara bersamaan. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2 dengan variabel bebas berupa jenis media pembelajaran dan variabel moderator berupa tingkat literasi digital peserta didik. Penelitian ini melibatkan 70 peserta didik kelas X jurusan Teknik Audio Video yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan media Tinkercad dan kelas kontrol dengan media Livewire. Instrumen yang digunakan meliputi posttest, tes psikomotorik, observasi sikap, angket literasi digital, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan media Tinkercad dan Livewire, dengan nilai signifikansi 0,018 (<0,05). Selain itu, peserta didik dengan literasi digital tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan peserta didik dengan literasi digital rendah, dengan nilai signifikansi 0,002 (<0,05). Akan tetapi, tidak ditemukan interaksi antara media pembelajaran dan literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, penggunaan media Tinkercad terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan literasi digital peserta didik pada materi komponen aktif dan pasif.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...