Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning(PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Waibakul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen yang menggunakan one group pretest- post design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Waibakul, dengan sampel penelitian yaitu kelas XI sebagai kelas eksperimen. Instrumen digunakan yaitu pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebanyak 3 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, taraf signifikasi, dan uji hipotesis. Hasil pengolahan data mennjukan nilai rata-rata posttest yaitu 81.81 lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest yaitu 57,03. Pengujian hipotesis dengan uji z menunjukan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima. Disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning(PBL) berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Waibakul.
Copyrights © 2025