Edumath
Vol 17 No 2 (2025): Edumath Volume 17 Nomor 2 Mei 2025

ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Silvia Ika Putri Nuraini (Unknown)
NURUL AINI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2025

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara mendalam terkait dengan analisis berpikir kritis siswa perempuan dan laki-laki dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam berpikir kritis antara laki-laki dan perempuan dimana perempuan cenderung ragu atas hasil yang didapatkan meskipun hasil telah menunjukkan kebenaran. Sedangkan laki-laki menyatakan secara tegas atas hasil yang didapatkan. Dari segi evaluasi, laki-laki lebih rinci dibandingkan dengan perempuan sekalipun kedua nya memiliki ketepatan dalam menentukan jawaban. Terdapat perbedaan dalam melakukan pemikiran kritis dimana secara jelas perempuan mampu menguraikan dengan penggunaan bahasa yang tepat dan benar. Sedangkan laki-laki sedikit sulit menggunakan penguraian dimana hal tersebut dilatar belakangi oleh kemampuan otak dan penguasaan bahasa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edumath

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Artikel yang dimuat dalam jurnal "Edumath" meliputi naskah tentang hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Dosen, Guru atau mahasiswa dibidang pendidikan matematika atau matematika, penelitian matematika murni, penelitian aplikasi matematika dalam kehidupan sehari hari dan penelitian literature ...