JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati

Munasabah Ayat Al-Qur'an dalam Korelasi Pendidikan Berbasis Rasionalisme di Era Post-Truth

Suyanlis Usmiati, Nevianti Dewi (Unknown)
Abubakar , Achmad (Unknown)
Ilyas, Hamka (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya konsep munasabah dalam memahami struktur dan makna Al-Qur’an secara sistematis serta keterkaitannya dengan pendidikan berbasis rasionalisme sebagai respons terhadap krisis epistemologis era post-truth. Dalam era ini, informasi yang berbasis emosi dan opini pribadi lebih dipercaya dibanding fakta objektif, sehingga diperlukan pendekatan pendidikan yang mengedepankan nalar kritis dan analisis mendalam. Melalui pendekatan kepustakaan dan teknik analisis isi, penelitian ini menemukan bahwa munasabah—yaitu hubungan logis antara ayat, surah, dan tema dalam Al-Qur’an—dapat menjadi fondasi epistemologis dalam membangun pendidikan yang kontekstual, kritis, dan reflektif. Penerapan metode munasabah melatih peserta didik untuk berpikir holistik, menyusun argumen berdasarkan relasi makna, serta menyaring informasi secara logis dan bertanggung jawab. Dengan demikian, integrasi munasabah dan rasionalisme menjadi solusi strategis dalam membentuk generasi pembelajar yang tangguh menghadapi disinformasi dan manipulasi khas era post-truth.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...