JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati

IMPLEMENTASI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Husain, Husriani (Unknown)
Yasriuddin, Yasriuddin (Unknown)
Taufik, Muh.Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Melalui metode studi literatur dengan analisis isi terhadap artikel yang relevan, ditemukan bahwa kombinasi NHT dan PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika, motivasi, keterampilan berpikir kritis, serta komunikasi matematis siswa. Temuan menunjukkan bahwa kedua model ini mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran kooperatif dan pemecahan masalah kontekstual. Meskipun terdapat beberapa tantangan implementasi seperti keterbatasan waktu dan kesiapan guru, hasil kajian ini memperkuat bukti bahwa NHT dan PBL merupakan pendekatan yang adaptif dan efektif di berbagai jenjang pendidikan. Rekomendasi diberikan untuk pelatihan guru, penyediaan sarana pendukung, serta strategi diferensiasi untuk meningkatkan keberhasilan implementasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...