Perkembangan motorik halus merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia sekolah dasar karena memengaruhi keterampilan akademik seperti menulis dan menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional dakon terhadap kemampuan motorik halus siswa kelas III di SD Negeri 1 Sidakangen. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest dan teknik analisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan motorik halus siswa setelah diberikan perlakuan permainan dakon, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Temuan ini membuktikan bahwa permainan dakon efektif sebagai media edukatif dalam meningkatkan koordinasi gerak halus, sekaligus mendukung pelestarian budaya lokal. Penelitian ini merekomendasikan integrasi permainan tradisional dalam proses pembelajaran sebagai strategi pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat secara holistik.
Copyrights © 2025