Abstract Perencanaan karir menjadi urgen diterapkan dalam rangka menyiapkan siswa menjalani dan menghadapi tangtangan kemajuan zaman yang saat ini sudah memasuki era society 5.0. Para siswa perlu diarahkan dan didorong agar mengenali, mengasah dan melatih potensi diri, minat dan bakat yang ada pada diri masing-masing individu siswa. Sebab pada era society 5.0 ini menjadi sia-sia membimbing siswa tampa disesuaikan dengan potensi diri, minat dan bakat mareka, sebab jika tidk akan cendrung ikut-ikutan dalam memilih jenis pekerjaan, terlebih di desa Pragaan Daya yang rata-rata memiliki kecendrungan memilih jenis pekerjaan yang dilakukan oleh orang tua maskipun pekerjaanya adalah mengemis. Pendampingan ini bertujuan untuk mengenalkan potensi diri, minat dan bakat siswa dan mengenalkan jenis karir yang sesuai minat dan bakat masing-masing individu. Metode pelaksanaan pendampingan meliputi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil pendampingan perencanaan karir kepada siswa kelas akhir meliputi 1) siswa mengenali potensi diri, minat dan bakat yang tependam dalam diri masing-masing individu; 2) siswa melakukan upaya penguatan terhadap potensi diri, minat dan bakat yang mereka miliki; dan 3) siswa melatih dan mengasah potensi diri, minat dan bakat agar dapat merencanakan dan menetapkan jenis karir yang sesuai dengan minat potensi diri, dan bakat mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024