Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

Tinjauan Literatur Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Inovasi Pembelajaran Kimia

Munandar, Haris (Unknown)
Arwin, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Artikel ini mengkaji pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam inovasi pembelajaran kimia melalui pendekatan kajian literatur yang sistematis. Fokus kajian diarahkan pada publikasi ilmiah primer yang terbit pada rentang tahun 2022 hingga 2025, dengan penelusuran data dilakukan melalui portal SINTA. Hasil telaah menunjukkan bahwa integrasi AI dalam pembelajaran kimia mampu meningkatkan pemahaman konsep yang kompleks dan abstrak, memperkuat literasi numerasi, serta mendorong keterlibatan aktif siswa melalui berbagai bentuk inovasi, seperti chatbot edukatif, sistem penilaian otomatis, dan pembelajaran adaptif. Meskipun demikian, pemanfaatan AI di bidang pendidikan masih menghadapi sejumlah tantangan, termasuk kesiapan infrastruktur, literasi digital pendidik, serta isu etika dan privasi data. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara pendidik, pengembang teknologi, dan pemangku kebijakan untuk mengoptimalkan implementasi AI secara efektif, etis, dan inklusif dalam pembelajaran kimia abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpku

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah ...