Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

Literature Review: Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Kimia

Oktafiana, Ita (Unknown)
Khumairoh, Siti (Unknown)
Sadida, Maulidina Nurul (Unknown)
Hakim, Fachri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

   Kata Kunci:                Kimia, Problem Based Learning, Kemampuan literasi sains AbstrakPendidikan memainkan peran krusial dalam pembentukan sumber daya manusia yang mampu menyelesaikan berbagai permasalahan. Situasi pendidikan di Indonesia masih relatif rendah termasuk kemampuan literasi sains siswa. Kurangnya aktivitas pembelajaran yang menunjang kemampuan literasi sains siswa dan kebiasaan mengerjakan soal yang menggunakan wacana. Permasalahan tersebut timbul dilihat dari siswa yang minim partisipasi selama keberlangsungan proses pembelajaran terkhusus pada pembelajaran kimia. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji 12 artikel relevan lima tahun terakhir yang bermaksud guna mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran kimia. Berdasarkan hasil analisis artikel relevan, menunjukkan Problem Based Learning memberikan dampak positif yakni meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran kimia.    Keyword:Chemistry, Problem Based Learning, Science literacy skillsAbstractEducation plays a crucial role in the formation of human resources who are able to solve various problems. The educational situation in Indonesia is still relatively low, including students' science literacy skills. Lack of learning activities that support students' science literacy skills and the habit of doing problems that use discourse. These problems arise from students who have minimal participation during the continuation of the learning process, especially in chemistry learning. This study was conducted by reviewing 12 relevant articles in the last five years which was intended to determine the influence of Problem Based Learning on students' science literacy skills in chemistry learning. Based on the results of the analysis of relevant articles, it shows that Problem Based Learning has a positive impact, namely improving students' science literacy skills in chemistry learning. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpku

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah ...