Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik pemecahan masalah terhadap ketergantungan gadget pada siswa kelas XI SMA N 1 Godong. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen, di mana suatu hal dapat diteliti ada atau tidaknya pengaruhnya dalam penelitian tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan rancangan two-group pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Godong. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel . Untuk metode yang digunakan menggunakan metode purposive sampling. Teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, yaitu pengambilan sampel terhadap siswa yang memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan ketetapan peneliti sedangkan untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kelompok bimbingan dengan teknik problem solver terhadap ketergantungan gadget .
Copyrights © 2025