Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2025): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Literasi Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Kemandirian Belajar

Kusumawardani, Indah Ayu (Unknown)
Wardono, Wardono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika peserta didik ditinjau dari kemandirian belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 20 Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peserta didik dikelompokan dalam tiga kategori, yaitu kemandirian belajar tinggi, kemandirian belajar sedang, dan kemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kemandirian belajar, soal tes literasi matematika, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik dengan kemandirian belajar tinggi mampu menguasai semua indikator literasi matematika, peserta didik dengan kemandirian belajar sedang mampu menguasai lima indikator literasi matematika, sedangkan peserta didik dengan kemandirian belajar rendah mampu menguasai tiga indikator literasi matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...