Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep matematikapada seni tari Sirih Kuning di Kelurahan Susukan. Metode penelitian yangdigunakan yaitu penelitian etnomatematika melalui pendekatan kualitatif,dengan teknik eksplorasi. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi danpedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksidata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek narasumber sebanyak 3orang yang terdiri dari 1 orang sepuh yaitu pemilik sanggar sekaligus pelakuseni dan 2 pribumi yaitu pelatih dan penari. Berdasarkan hasil penelitian dananalisis data terdeskripsi adanya konsep matematika pada seni tari Sirih Kuningdi Kelurahan Susukan, meliputi aktivitas menghitung, materi sudut, geometribangun datar, geometri bangun ruang, kongruen, kesebangunan, transformasigoemetri, hubungan antar sudut, dan pengukuran (satuan panjang). Penelitimenyimpulkan bahwa telah teridentifikasi konsep etnomatematika pada tariSirih Kuning di Kelurahan Susukan. Saran yang diberikan peneliti dari hasilpenelitian ini yaitu diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran kontekstual,maupun media pembelajaran interaktif bagi siswa dalam memahami konsepmatematika.
Copyrights © 2025