Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 2 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: April

Implementasi Video Interaktif PUTAS Sebagai Media Pembelajaran IPAS Kelas 4 SDN Antasan Kecil Timur 4 Kota Banjarmasin

Syafi’e, Muhammad (Unknown)
Yulianti, Ani (Unknown)
Novianti, Witha (Unknown)
Ferdiyansyah, Aldy (Unknown)
Asniwati, Asniwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran IPAS di SDN Antasan Kecil Timur 4 Kota Banjarmasin masih didominasi metode konvensional seperti ceramah dan penggunaan LKS, yang menyebabkan siswa kurang antusias dan pembelajaran terasa monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan media pembelajaran IPAS di kelas 4 serta mengimplementasikan media video interaktif PUTAS (Pencemaran Udara, Tanah, Air, dan Suara) sebagai solusi inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian meliputi guru kelas dan 11 siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video interaktif PUTAS mampu meningkatkan minat, motivasi, dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, video yang menampilkan fenomena pencemaran lingkungan di sekitar siswa membuat materi lebih kontekstual dan mudah dipahami. Siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi dan berpikir kritis, serta menunjukkan pemahaman konseptual yang lebih baik terhadap materi pencemaran, guru juga menyatakan bahwa media ini membantu menyampaikan konsep abstrak secara konkret dan menarik. Penggunaan video interaktif PUTAS efektif meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar serta mendukung pembelajaran abad 21 yang menyenangkan dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...