Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana minat siswa terhadap pemahaman materi statistika pada siswa semester 4 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Minat belajar diukur melalui tiga indikator, yaitu tempat belajar, frekuensi belajar mandiri, dan durasi belajar. Sementara itu, pemahaman materi dilihat dari tingkat pemahaman, kemampuan mengerjakan soal tanpa bantuan, dan kemudahan memahami penjelasan dosen. Metode yang digunakan kuantitatif deskriptif, dengan teknik analisis data menggunakan uji chi-square kontingensi 2x2. Pengambilan keputusan hipotesis dalam penelitian ini didasarkan pada nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed). Jika nilai signifikansi kurang dari <0,05, H0 ditolak dan H1 diterima, menunjukkan bahwa dua variabel memiliki hubungan signifikan. Sebaliknya, jika nilai signifikansi lebih dari >0,05, H0 diterima dan H1 ditolak.. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beberapa indikator minat belajar yang memiliki hubungan signifikan terhadap pemahaman materi, seperti tempat belajar dan frekuensi belajar mandiri. Namun, durasi belajar tidak menunjukkan hubungan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua aspek minat belajar memiliki pengaruh yang sama terhadap pemahaman materi statistika.
Copyrights © 2025