Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 6 No. 1 (2025)

PENGENALAN SEX EDUCATION PADA ANAK USIA DINI MELALUI ANIMASI KU JAGA DIRIKU DI TK TUNAS BANGSA SIGI

Sukma (Unknown)
Saguni, Fatimah (Unknown)
Ufiyah Ramlah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang "Pengenalan Sex education Pada Anak Usia Dini Melalui Animasi Kujaga Diriku Di TK Tunas Bangsa Sigi". Penelitian ini berdasarkan dari rumusan masalah yaitu: Bagaimana pengenalan Sex education pada anak usia dini melalui animasi ku jaga diriku dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pengenalan Sex education pada anak usia melalui animasi ku jaga diriku. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Tunas Bangsa Sigi tepatnya di jalan Trans Palu Pololo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi,wawancara, dan dokumentasi, kemudian dalam analisis datanya menggunakan teknik reduksi data (mengamati), penyajian data (analisis), dan verifikasi data (kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengenalan Sex education pada anak usia dini di TK Tunas Bangsa Sigi meliputi beberapa tahapan: tahap pengenalan topik, tahap pemutaran video, tahap evaluasi, adapun hambatan yaitu: kurangnya media yang memadai tidak adanya guru pendamping, anak-anak mudah bosan, sedangkan faktor pendukung yaitu ketersediaan media, anak-anak antusias, kreativitas guru. Implikasi penelitian ini disarankan kepala sekolah perlunya ada tambahan tenaga guru di TK Tunas Bangsa Sigi agar proses pembelajaran berjalan dengan maksimal terutama dalam pengenalan sex education .dan juga disarankan guru agar kreativitasnya perlu di tingkatkan lagi dalam pengenalan Sex education agar anak-anak tidak bosan ketika pemutaran video animasi berlangsung serta anak menonton dengan tenang dan tidak bosan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abulava

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini mengundang para dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan anak untuk ...