Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 6 No. 1 (2025)

STRATEGI PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK DI PAUD TERPADU MUTIARA HATI PALU

Nurfadila M. Lamuke (Unknown)
Kasmiati (Unknown)
Kahar, M. Iksan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendidik dalam mengembangkan sikap toleransi peserta didik di PAUD Terpadu Mutiara Hati Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sikap toleransi pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam membentuk karakter peserta didik. Di PAUD Terpadu Mutiara Hati Palu, sikap toleransi ditanamkan melalui kegiatan rutin seperti pembiasaan berdoa, pembagian kelas berdasarkan keyakinan, penanaman sikap tidak membeda-bedakan, penyediaan media pembelajaran bertema multikultural, serta perayaan hari besar agama dan kegiatan menonton film serta bercerita. Strategi ini diperkuat dengan keteladanan langsung dari pendidik dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan yang bersifat inklusif. Faktor pendukung dari strategi ini antara lain dukungan dari orang tua dan partisipasi aktif peserta didik, sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya keterlibatan sebagian orang tua dalam kegiatan yang diselenggarakan. Implikasi dari penelitian ini menyarankan pentingnya sinergi antara pendidik dan orang tua dalam mendukung perkembangan sikap toleransi serta perlunya penelitian lanjutan yang lebih mendalam agar pengembangan sikap toleransi pada anak usia dini dapat dilaksanakan secara lebih efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abulava

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini mengundang para dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan anak untuk ...