Penelitian ini mengkaji tentang Efektivitas Alat Permainan Edukatif dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Handayani Palampang. Penelitian ini berfokus pada efektivitas alat permainan edukatif terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Alat Permainan Edukatif dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Handayani Palampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengguanakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas alat permainan edukatif dengan memanfaatkan lingkungan sekitar adalah mendorong motivasi belajar siswa, membuat siswa lebih terlibat aktif dan lebih senang saat proses pembelajaran berlangsung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025