Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Medan. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen (Eksperimen Semu). Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan, dengan jumlah sampel 30 siswa kelompok eksperimen dan 30 siswa kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan kelas yang sudah ada (Sampling purposive). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan “uji t” yang menunjukkan bahwa nilai T-hitung = 5.9930 dan T-tabel= 2.00172 maka dapat dikatakan bahwa T-hitung > T-tabelmaka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 24 Medan. ABSTRACK This research was motivated by the low ability to understand mathematical concepts of class VIII students at SMP Negeri 24 Medan. One solution to overcome this problem is to use the Contextual Teaching And Learning learning model approach. This research is quantitative research with a quasi-experimental type of research (Quasi Experiment). The population was all students in class VIII of SMP Negeri 24 Medan, with a sample size of 30 students in the experimental group and 30 students in the control group. The sampling technique used in this research was based on existing classes (purposive sampling). The data collection technique used in this research is a test that is used to determine students' ability to understand mathematical concepts by using a test in the form of a description. The research results obtained show that there is an influence of the Contextual Teaching and Learning learning model on students' ability to understand mathematical concepts. This is proven by the results of hypothesis testing with the "t test" which shows that the value of t-count = 5.9930 and t-tabel = 2.00172, so it can be said that t-coun t > t-table then Ho is rejected and Ha is accepted. So from these results it can be concluded that there is an influence of the Contextual Teaching And Learning learning model on students' ability to understand mathematical concepts at SMP Negeri 24 Medan.
Copyrights © 2025