PermasalaPermasalahan dalam penelitian ini adalah kecerdasan naturalis pada anak usia dini masih belum dimaksimalkan di sekolah.Penelitian ini bertujuan mengembangkan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. Deskriptif kualitatif adalah jenis penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Cabang Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Survei dilakukan bulan Januari hingga Maret tahun 2019. Subjek penelitian guru kelas dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pengembangan kecerdasan naturalis anak usia dini dilaksanakan melalui perencanaan yang dilakukan dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian setiap hari, pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tiga macam strategi yaitu belajar melalui alam, menggunakan tumbuhan sebagai media, dan mengamati lingkungan, evaluasi pembelajaran dilaksanakan setiap hari melalui penilaian harian dan penilaian hasil karya.
Copyrights © 2023