Penulisan artikel ilmiah merupakan keterampilan penting bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik seperti laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan tugas akhir. Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami struktur artikel ilmiah, teknik pengelolaan referensi, serta analisis data penelitian. Keterbatasan tersebut menghambat proses penulisan laporan secara efektif. Akibatnya, banyak mahasiswa tidak dapat menyelesaikan laporan tepat waktu, yang berdampak pada keterlambatan kelulusan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diadakan Bootcamp Penulisan Artikel Ilmiah yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah secara sistematis sesuai standar akademik melalui pelatihan intensif berbentuk bootcamp interaktif. Metode kegiatan yang digunakan dalam bootcamp ini meliputi ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung yang dilakukan selama lima pertemuan. Setiap sesi mencakup materi seperti pengantar penelitian, teknik pencarian referensi menggunakan Mendeley, struktur artikel ilmiah, analisis data dengan SmartPLS, serta strategi submit artikel ke jurnal ilmiah. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta.  Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 65,7 dan post-test sebesar 92,8. Selain itu, peserta menunjukkan peningkatan keterampilan dalam menyusun artikel ilmiah, pengelolaan referensi, dan analisis data. Pendekatan interaktif dan kombinasi metode pembelajaran dalam bootcamp ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menyusun dan mempublikasikan artikel ilmiah. Bootcamp ini berhasil meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah serta membantu mereka dalam menyelesaikan laporan PKL dan tugas akhir tepat waktu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025