Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajara IPA, sehingga berdampak pada rendahnya minat belajar IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan meia pembelajaran game edukasi berorientasi model make a match dengan menggunakan articulate storyline 3 pada materi mengubah bentuk energi untuk siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek pengembangan pada penelitian ini adalah produk berupa media pembelajaran game edukasi berorientasi model make a match dengan menggunakan articulate storyline 3. Sedangkan objek pengembangannya adalah validitas isi dan respons pengguna produk yaitu guru serta siswa. Subjek uji coba melibatkan 9 siswa kelas IV SD Negeri 5 Bunutan dengan kemampuan kognitif yang berbeda. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, rating scale, dan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran game edukasi berorientasi model make a match dengan menggunakan articulate storyline 3 memperoleh tingkat validitas isi sebesar 0,9, tingkat validitas media pembelajaran sebesar 0,8, respons guru sebesar 97,2%, dan respons siswa sebesar 94,4%. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa, inovasi media pembelajaran game edukasi berorientasi model make a match dengan menggunakan articulate storyline 3 memiliki tingkat validitas isi sangat valid, validitas media pembelajaran sangat valid, respons guru terhadap media sangat baik, dan respons siswa terhadap media berkualifikasi sangat baik. Hal tersebut mengindikasikan bahwa, media pembelajaran terbukti layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai acuan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi.
Copyrights © 2024