Journal of Innovation and Learning
Vol. 2 No. 2 (2023): August

Video Pembelajaran Berbasis Saiantifik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar

Weda Kusumayoni, Made Dwi (Unknown)
I Nyoman Laba Jayanta (Unknown)
Gusti Ayu Putu Sukma Trisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Pendidikan dihadapkan pada berbagai permasalahan, seperti kurangnya pemanfaatan teknologi, pengembangan media, dan penggunaan model pembelajaran yang efektif. Siswa memiliki kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis saintifik pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas V SD Negeri 1 Astina, dan untuk menilai kelayakan penggunaannya. Subjek penelitian adalah guru wali kelas V dan sembilan siswa kelas V SD Negeri 1 Astina. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi) yang sistematis. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk video pembelajaran ini layak digunakan. Penilaian oleh ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase 96%, ahli desain pembelajaran 94%, ahli media pembelajaran 96%, uji coba guru 89%, dan uji coba kelompok kecil 99,5%, semuanya dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, video pembelajaran berbasis saintifik ini efektif dalam mendukung proses belajar mengajar, terutama pada materi sistem pencernaan manusia, dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIL

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching, especially ...