Pendidikan dihadapkan pada berbagai permasalahan, seperti kurangnya pemanfaatan teknologi, pengembangan media, dan penggunaan model pembelajaran yang efektif. Siswa memiliki kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis saintifik pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas V SD Negeri 1 Astina, dan untuk menilai kelayakan penggunaannya. Subjek penelitian adalah guru wali kelas V dan sembilan siswa kelas V SD Negeri 1 Astina. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi) yang sistematis. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk video pembelajaran ini layak digunakan. Penilaian oleh ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase 96%, ahli desain pembelajaran 94%, ahli media pembelajaran 96%, uji coba guru 89%, dan uji coba kelompok kecil 99,5%, semuanya dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, video pembelajaran berbasis saintifik ini efektif dalam mendukung proses belajar mengajar, terutama pada materi sistem pencernaan manusia, dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023