Penggunaan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di sekolah dasar masih jarang digunakan, karena dominan media yang digunakan hanya sebatas buku siswa. Hal ini membuat siswa bosan karena pembelajaran bersifat monoton. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis saintifik pada materi Keanekaragaman Hayati Flora dan Fauna Khas Indonesia kelas V sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek pengembangan ini adalah e-book berbasis saintifik pada materi IPAS kelas V sekolah dasar yang diuji kepada siswa kelas V sebanyak 30 siswa, sementara itu objeknya adalah validitas dan kepraktisan e-book. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode observasi dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data yakni lembar kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase dan kategoris. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas dan kepraktisan dengan kualifikasi sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa, kebaruan pendekatan saintifik pada e-book yang dikembangkan layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan literasi digital di kalangan siswa dan guru.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024