Journal of Innovation and Learning
Vol. 3 No. 1 (2024): February

E-book Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPAS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Ketut Agung Putri Ari Winata (Unknown)
I Nyoman Laba Jayanta (Unknown)
Gusti Ayu Putu Sukma Trisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di sekolah dasar masih jarang digunakan, karena dominan media yang digunakan hanya sebatas buku siswa. Hal ini membuat siswa bosan karena pembelajaran bersifat monoton. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis saintifik pada materi Keanekaragaman Hayati Flora dan Fauna Khas Indonesia kelas V sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek pengembangan ini adalah e-book berbasis saintifik pada materi IPAS kelas V sekolah dasar yang diuji kepada siswa kelas V sebanyak 30 siswa, sementara itu objeknya adalah validitas dan kepraktisan e-book. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode observasi dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data yakni lembar kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase dan kategoris. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas dan kepraktisan dengan kualifikasi sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa, kebaruan pendekatan saintifik pada e-book yang dikembangkan layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan literasi digital di kalangan siswa dan guru.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIL

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching, especially ...