Kepemimpinan memegang peranan penting dalam menentukan jalur dan kualitas suatu institusi pendidikan, termasuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Gaya kepemimpinan yang bersifat transformasional diketahui dapat mendorong perubahan yang baik melalui dorongan , inspirasi, serta pemberdayaan individu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pelaksanaan gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan profesionalisme para pendidik PAUD. Profesionalisme pendidik menjadi salah satu faktor penting untuk menjamin kualitas layanan pendidikan bagi anak -anak usia dini, yang mencakup kemampuan pedagogi , sikap profesional, inovasi, dan komitmen terhadap tugas. Dengan menerapkan ciri-ciri kepemimpinan transformasional seperti pengaruh yang ideal, motivasi yang menginspirasi , stimulasi pemikiran , serta perhatian individu, para pemimpin PAUD dapat menciptakan suasana kerja yang mendukung perkembangan profesional para guru. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi kerja, kreativitas dalam proses belajar , serta rasa tanggung jawab pendidik dalam melaksanakannya . Oleh karena itu, diperlukan pelatihan kepemimpinan yang mendorong kepala PAUD untuk mengembangkan metode transformasional dalam kepemimpinan sehari-hari.
Copyrights © 2025