Abstrak Yayasan Jam’iyyatul Mubtadi Cibayawak (JMC), yang berlokasi di Lebak, Banten, memiliki peran penting dalam menyediakan pendidikan bagi masyarakat sekitar melalui unit-unit pendidikan seperti Aliyah, SMP, Diniyah, dan PAUD. Namun, Perangkat pengajaran guru di Yayasan Jam’iyyatul Mubtadi Cibayawak belum tersinkronisasi satu sama lain, belum adanya platform pengelolaan perangkat pembelajaran menjadi kendala dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan materi ajar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru melalui Learning Management System untuk pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan materi ajar berbasis Computational Thinking. Kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, dan evaluasi, dengan partisipasi 16 guru. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan guru untuk mengakses Learning Management System sebesar 100% dan pengetahuan tentang Computational Thinking sebesar 88% berdasarkan indikator ketersediaan Learning Management System serta ketersediaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan materi ajar sebesar (100%). Evaluasi kegiatan melalui kuesioner menunjukkan bahwa 94% guru menganggap Learning Management System penting sebagai media pembelajaran dan 69% merasa Learning Management System memudahkan pembelajaran.Kata kunci: Computational Thinking, Digital, Learning Management System, Perangkat pembelajaran, Pesantren.
Copyrights © 2024