Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2025): Vol. 3 No. 1 (2025): Volume 03 Nomor 01 (April 2025)

Strategi Penanganan Bullying Berbasis Literasi Sosial dan Pendekatan Psikososial di SMAN 9 Makassar: Strategi Penanganan Bullying Berbasis Literasi Sosial dan Pendekatan Psikososial di SMAN 9 Makassar

Parham Taufik (Unknown)
Tiara Nur’aini (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim Arifin (Unknown)
M.Ridwan Said Ahmad (Unknown)
Zainal Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Bullying di lingkungan sekolah merupakan fenomena sosial yang memiliki implikasi yang serius terhadap perkembangan psikologis dan akademik peserta didik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman komunitas sekolah mengenai bentuk, dampak, serta strategi pencegahan bullying melalui pendekatan sosial kritis seperti literasi sosial dan psikososial. Kegiatan dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Kota Makassar dengan melibatkan siswa dan guru. Metode yang digunakan mencakup sosialisasi edukatif dan diskusi kelompok. Hasil kegiatan memberikan peserta pemahaman yang signifikan terhadap isu bullying serta kesiapan sekolah dalam membentuk kebijakan pencegahan. Kegiatan ini merekomendasikan peran aktif tim anti-bullying di sekolah, pengintegrasian materi literasi sosial dalam kurikulum. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi rujukan untuk kebijakan sekolah yang lebih ramah anak serta bebas dari kekerasan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Ininnawa

Publisher

Subject

Humanities Education Energy Engineering Public Health Social Sciences

Description

Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a scientific multidisciplinary journal published by Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Makassar. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to ...