Al I'tibar Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12 No 2 (2025): Al I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam

Paradigma Pendidikan Islam Integral dan Harmonis Dalam Transformasi Digital Studi Analisis Pemikiran Muhammad Natsir

Gunagraha, Shindid (Unknown)
Baidi, Baidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Fenomena transformasi digital dalam dunia pendidikan menghadapi tantangan serius berupa sekularisasi ilmu, fragmentasi kurikulum, dan dikotomi ilmu agama dan umum. Ketimpangan dalam aspek ilmu agama dan umum, melemahnya nilai-nilai spiritual dan intelektual pada sistem pendidikan menjadi problem krusial. Muhammad Natsir, sebagai tokoh pendidikan dan pemikir Muslim Indonesia, menawarkan solusi dengan konsep pendidikan yang menyatukan dimensi spiritual dan intelektual, yang berpijak pada nilai tauhid sebagai landasan utama. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi paradigma pendidikan Islam yang integral dan harmonis berdasarkan pemikiran Muhammad Natsir serta relevansinya di era transformasi digital. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research) terhadap karya-karya dan pemikiran Muhammad Natsir. Hasil penelitian ditemukan bahwa paradigma pendidikan ala Muhammad Natsir mampu menghilangkan dikotomi ilmu melalui  pendekatan integral dan harmonis dalam mengembangkan pendidikan Islam yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital tanpa kehilangan nilai-nilai keislaman. Penelitian merekomendasikan revitalisasi konsep pendidikan Islam dalam bentuk implementasi pembelajaran yang menjawab tantangan zaman melalui pemikiran M. Natsir dalam pendekatan pendidikan yang integral dan harmonis.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al I`tibar Jurnal Pendidikan Islam is a Islamic education journal published with a view to facilitating academics and researchers to publish their research results in the field of Islamic Education Innovation and ...