LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2025)

STRATEGI PEMBELAJARAN DRUM UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI GEREJA JEMAAT KRISTUS INDONESIA BANDUNG RAYA

Sembiring, Piter (Unknown)
Maulana, Marsel Ridky (Unknown)
Surya, Dhea Elvionita (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Learning is defined as the process of acquiring knowledge, skills, attitudes or behaviors through experience or formal learning. In the context of music education, drum learning for elementary school-aged children requires effective learning strategies to support the development of students' technical, cognitive, and social skills. This study aims to describe the application of drumming learning strategies at GJKI Bandung Raya, including demonstration, verbal and nonverbal instructional, and drill methods. The research used a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The research subjects consisted of four students who participated in drum lessons. The results showed that the demonstration method helped students understand basic techniques such as sticking and rudiment patterns through direct visualization. The verbal and nonverbal instructional methods make it easier for students to connect physical movements with the sound of the instrument, while the drill method improves coordination, speed, and tempo stability through repeated practice. The main obstacle related to tempo stability was overcome through a gradual approach. ABSTRAKBelajar didefinisikan sebagai proses memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap, atau perilaku melalui pengalaman atau pembelajaran formal. Dalam konteks pendidikan musik, pembelajaran drum bagi anak usia sekolah dasar memerlukan strategi pembelajaran yang efektif untuk mendukung pengembangan keterampilan teknis, kognitif, dan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran drum di GJKI Bandung Raya, meliputi metode demonstrasi, instruksional verbal dan nonverbal, serta drill. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa yang mengikuti pembelajaran drum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi membantu siswa memahami teknik dasar seperti sticking dan pola rudiment melalui visualisasi langsung. Metode instruksional verbal dan nonverbal mempermudah siswa menghubungkan gerakan fisik dengan bunyi instrumen, sementara metode drill meningkatkan koordinasi, kecepatan, dan kestabilan tempo melalui latihan berulang. Kendala utama terkait kestabilan tempo berhasil diatasi melalui pendekatan bertahap.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...