Indonesian Journal of Islamic Educational Review
Vol. 2 No. 2 (2025): Volume 2 Nomor 2 Juni 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

muchtar, rifanisa (Unknown)
Bustanul Iman RN (Unknown)
Amir Faqihuddin Assafari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Pengembangan media pembelajaran Board Game dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Satu Atap Karya Mulya pada materi daulah Abbasiyah  dan daulah Ayyubiyah, Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui tahap pengembangan, validitas,  kepraktisan, dan tingkat keefektifan dari media pembelajaran Board Game pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Satu Atap Karya Mulya. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (research & development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), design (perencanaan), Development (Pengembangan), Implemetation (implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didikkelas VIII MTs Satu Atap Karya Mulya berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket respon, test, dan lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Board Game memperoleh gasil validasi materi sebesar 84% kategori sangat valid, validasi media sebesar 93,7% kategori sangat valid, tingkat kepraktisan sebesar 92% kategori sangat praktis, dan tingkat keefektifan memperoleh skor n-Gain sebesar 0.77 yang termasuk kategori tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijier

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

IJIER: Indonesian Journal of Islamic Educational Review is a scientific publication media managed and published by South Sulawesi Education Development (SSED) (Deed of Establishment of the Institution No. 32 dated July 17, 2009, by Notary Ina Kartika Sari S.H. - Decree of the Minister of Law and ...