Pengembangan media pembelajaran Board Game dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Satu Atap Karya Mulya pada materi daulah Abbasiyah dan daulah Ayyubiyah, Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui tahap pengembangan, validitas, kepraktisan, dan tingkat keefektifan dari media pembelajaran Board Game pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Satu Atap Karya Mulya. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (research & development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), design (perencanaan), Development (Pengembangan), Implemetation (implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didikkelas VIII MTs Satu Atap Karya Mulya berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket respon, test, dan lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Board Game memperoleh gasil validasi materi sebesar 84% kategori sangat valid, validasi media sebesar 93,7% kategori sangat valid, tingkat kepraktisan sebesar 92% kategori sangat praktis, dan tingkat keefektifan memperoleh skor n-Gain sebesar 0.77 yang termasuk kategori tinggi.
Copyrights © 2025