Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMKS Teknologi Informatika Lohia yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi algoritma dan untukĀ mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas X TKJ di SMKS Teknologi Informatika Lohia yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi algoritma Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Pelaksanaan penelitian ini melalui proses pengkajian berdaur yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama guru kelas X TKJ SMK Swasta Teknologi Informatika Lohia. Hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Swasta Teknologi Informatika Lohia yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi algoritma mengalami peningkatan hasil belajar siswa. hal ini ditunjukkan pada siklus I diperoleh skor mulai 35 sampai 90 sedangkan pada siklus II diperoleh skor mulai dari 60 sampai dengan 95 dan hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 40% tidak tuntas dan 60% tuntas pada siklus 2 menunjukan 10% tidak tuntas dan 90% tuntas. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Swasta Teknologi Informatika Lohia.
Copyrights © 2025