Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendampingan orang tua dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di rumah, khususnya pada siswa SMP Negeri 4 Limboto di Kelurahan Biyonga. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam membimbing anak mengerjakan tugas PAI, memberi nasehat keagamaan dan akhlak, mengawasi kegiatan belajar, serta menciptakan lingkungan yang mendukung. Faktor pendukung antara lain lingkungan religius dan komunikasi yang baik, sementara hambatan meliputi keterbatasan waktu dan kurangnya pemahaman agama. Pendampingan orang tua berdampak positif pada kedisiplinan ibadah, kejujuran, sopan santun, dan keterlibatan anak dalam kegiatan keagamaan. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam cakupan wilayah dan jumlah informan. Oleh karena itu, disarankan adanya sinergi antara sekolah dan orang tua untuk membentuk karakter religius anak secara holistik
Copyrights © 2025