Nobel Community Services Journal
Vol 5 No 1 (2025): Nobel Community Services Journal

Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Dalam Pemrograman Swift Melalui Seminar Dan Sharing Session Interaktif

Sari, Dian Megah (Unknown)
Yusuf, Andi M (Unknown)
Musyrifah (Unknown)
Insani, Chairi Nur (Unknown)
Arifin, Nurhikma (Unknown)
Muzaki (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi menuntut adanya peningkatan kapasistas sumber daya manusia, terutama dalama penguasaan keterampilan pemograman mobile. Swift, sebagai bahasa utama dalam pengembangan aplikasi iOS, menjadi kemampuan yang penting dikuasai oleh mahasiswa di era digital. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkuat pemahaman dan kemampuan mahasiswa terhadap Swift melalui seminar dan sharing session yang bersifat interaktif, melibatkan praktisi dari industry terkait. Metode yang digunakan adalah pendekatan edukatif partisipatif dengan tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, terdapat peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa, mayoritas peserta yang sebelumnya berada dalam kategori rendah, berpindah ke kategori baik dan sangat baik. Sebanyak 92% peserta menyatakan kegiatan ini membantu mereka memahami Swift secara aplikatif. Observasi juga menunjukkan peningkatan antusiasme mahasiswa dalam diskusi dan praktik langsung. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan interaktif efektif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pemograman Swift serta mendukung penguatan capaian pembelajran dan kesiapan karier di bidang teknologi mobile.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ncsj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Nobel Community Services Journal (NCSJ) adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Institut Teknologi Nobel Indonesia yang dikhususkan untuk sarana publikasi hasil Pengabdian kepada masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia yang bekerjasama dengan Lembaga ...