cover
Contact Name
Ircham Hidayat
Contact Email
ircham@nobel.ac.id
Phone
+6281343774489
Journal Mail Official
ncsj@nobel.ac.id
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.212 Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Nobel Community Services Journal
ISSN : -     EISSN : 28082524     DOI : https://doi.org/10.37476/
Nobel Community Services Journal (NCSJ) adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Institut Teknologi Nobel Indonesia yang dikhususkan untuk sarana publikasi hasil Pengabdian kepada masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian, Publikasi, Pengabdian Pada Masyarakat (LP3M) ITB Nobel Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu periode Januari-Juni dan Periode Juli sampai Desember. Jurnal NCSJ adalah Hasil Laporan pengabdian pada masyarakat yang asli dan belum pernah diterbitkan oleh Jurnal lain atau sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan oleh penerbit jurnal yang lain. Setiap Jurnal yang diterbitkan oleh NCSJ telah melalui review dari Mitra Bestari serta telah lolos screening melalui uji plagiasi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 46 Documents
Peningkatan Minat Kewirausahaan Berbasis Komunitas Pada Masyarakat Desa Sapolohe Kecamatan Bontobahari Bulukumba Muhammad Hidayat; Fitriani Latief; Nur Hidayah
Nobel Community Services Journal Vol 1 No 1 (2021): Nobel Community Services Journal
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat ITB Nobel Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37476/ncsj.v1i1.2159

Abstract

Tujuan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan minat kewirausahaan masyarakat Desa Sapolohe berbasis pada komunitas yang ada pada masyarakat, komunitas yang disasar dalam pelaksanaan Pengabdian ini adalah komunitas pedagang Komunitas Petani dan Komunitas Nelayan yang berada pada Desa Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan adalah seminar, diskusi dan workshop, melalui kegiatan yang dilakukan telah mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berwirausaha dengan menggunakan komunitas yang ada. Dukungan yang diberikan oleh Kepala desa Sapolohe semakin mendukung semangat masyarakat untuk meningkatkan kewirausaannya dengan cara bergotong royong sesuai komunitas yang ada di Desa tersebut The purpose of this Community Service is to increase the entrepreneurial interest of the people of Sapolohe Village, based on the community, the communities targeted in the implementation of this Service are the merchant community, the Farmer Community and the Fisherman Community located in Sapolohe Village, Bontobahari District, Bulukumba Regency. The methods used are seminars, discussions and workshops. Through the activities carried out, it has been able to increase public awareness in entrepreneurship by using the existing community. The support provided by the Sapolohe village head further supports the spirit of the community to increase their entrepreneurship by working together according to the community in the village
Pelatihan UKM Dalam Upaya Mengembangkan Ide-Ide Kreatif Dan Inovatif Fitriani Latief; Muhammad Hidayat; Dirwan Dirwan
Nobel Community Services Journal Vol 1 No 1 (2021): Nobel Community Services Journal
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat ITB Nobel Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37476/ncsj.v1i1.2160

Abstract

Merebaknya COVID-19 berimbas pada perekonomian masyarakat tidak terkecuali pada Desa Garanta di Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Terlebih kegiatan perekonomian masyarakat Desa ini masih memiliki banyak kendala diantaranya adalah mental wirausaha yang masih lemah, ketidakjelasan usaha, dan kebiasaan masyarakat yang cenderung mengabaikan kualitas termasuk cara-cara pemasaran produk yang masih tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada Masyarakat agar dapat mengembangkan ide-ide Kreatif dan inovatif serta menumbuhkan minat dan motivasi wirausaha yang akan menjadi modal dalam mempertahankan serta mengembangkan usaha khususnya pada masa new normal saat ini. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah dengan melakukan seminar, diskusi dan pelatihan atau workshop. Dari kegiatan penelitian ini masyarakat sudah mendapatkan pemahaman tentang bagaimana meningkatkan kualitas produksi dengan memperhatikan daya kreasi dan inovasi terutama dalam pengembangan variasi produk serta packaging produk sehingga produk yang dihasilkan tampil lebih baik sehingga siap dan layak untuk dipasarkan The outbreak of COVID-19 has an impact on the community's economy, including Garanta Village in Ujungloe District, Bulukumba Regency. Moreover, the economic activities of the people of this village still have many obstacles, including a weak entrepreneurial mentality, business ambiguity, and people's habits that tend to ignore quality, including traditional product marketing methods. The purpose of this study is to provide assistance to the community so that they can develop creative and innovative ideas and foster entrepreneurial interest and motivation which will become capital in maintaining and developing businesses, especially during the current new normal. The method used in carrying out this activity is to conduct seminars, discussions and training or workshops. From this research activity, the community has gained an understanding of how to improve the quality of production by paying attention to the power of creativity and innovation, especially in the development of product variations and product packaging so that the resulting product looks better so that it is ready and worthy to be marketed
Pelatihan LMS With Edmodo Dalam Proses Belajar Mengajar Nurkhalik Wahdanial Asbara; Agunawan Agunawan; Andi Ircham Hidayat
Nobel Community Services Journal Vol 1 No 1 (2021): Nobel Community Services Journal
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat ITB Nobel Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37476/ncsj.v1i1.2161

Abstract

Tumbuh kembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, khususnya teknologi informasi komunikasi banyak membawa dampak yang positif bagi berkembangnya dunia informasi dan terlebih khusus lagi pada dunia pendidikan. Pendidikan formal, informal, dan non formal dapat menikmati fasilitas teknologi informasi komunikasi dari yang simpel sampai kepada yang kompleks. Format-format pendidikan yang mungkin tersedia di abad ke-21 yaitu Cyber (E-Learning) yang merupakan belajar atau pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi melalui perangkat komputer dan atau internet, open/distance learning yaitu model pembelajaran jarak jauh, dimana guru dan peserta didik/siswa berada dalam satu tempat yang berbeda tetapi bisa dengan waktu yang sama, serta dengan kemajuan teknolosi saat ini bisa juga dengan bertatap muka melalui kamera tetapi tidak bisa bertatap fisik secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah guru dan siswa dapat berkomunikasi dengan lancar dalam melakukan proses belajar mengajar menggunakan aplikasi Edmodo The growth and development of science and information technology, especially information and communication technology has brought many positive impacts for the development of the world of information and especially in the world of education. Formal, informal, and non-formal education can enjoy information communication technology facilities from the simple to the complex. Educational formats that may be available in the 21st century are Cyber ​​(E-Learning) which is learning or learning through the use of information and communication technology through computers and or the internet, open/distance learning, which is a distance learning model, where teachers and participants students/students are in a different place but can be at the same time, and with current technological advances it can also be face-to-face through the camera but cannot meet physically directly. The purpose of this study is that teachers and students can communicate smoothly in the teaching and learning process using the Edmodo application
Pembentukan Karakter Kewirausahaan Melalui Pembinaan Softskill Pada Perempuan Di Kelurahan Lette Andi Ummul Khair; Asri Asri; Ahmad Firman
Nobel Community Services Journal Vol 1 No 1 (2021): Nobel Community Services Journal
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat ITB Nobel Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37476/ncsj.v1i1.2162

Abstract

Pandemic Covid-19 menuntut perempuan untuk mampu bersikap cerdas dan proaktif dalam menghadapinya. Hal ini dapat menjadi pendorong bagi mereka untuk dapat mengambil peran penting dalam ketahanan keluarga baik secara psikologis maupun social ekonomi. Di Kelurahan Lette, nampak ibu rumah tangga pada umumnya memiliki faktor-faktor pendorong untuk berwirausaha disamping mereka juga memiliki potensi untuk berwirausaha baik secara mental dan materil. Oleh karena itu, dalam upaya mendorong perilaku berwirausaha kaum perempuan di wilayah ini maka Lurah Lette mengkolaborasikan pelatihan softskill pada pengabdian masyarakat ITB Nobel Indonesia dengan Dinas Koperasi Kota Makassar dimana kegiatan pengabdian ini memberi stimulasi pembentukan karakter kewirausahaan melalui metode experential learning pada pembelajaran orang dewasa (andragogi) dan Dinas Koperasi memberi informasi tentang bantuan dan program pemerintah untuk menggalakkan perilaku wirausaha di kalangan masyarakat Kota Makassar. The Covid-19 pandemic nowadayas requires women to be smart and proactive in dealing with it. This can be a booster for them in taking part of this very important role in family resilience both psychologically and socio-economically. In Kelurahan Lette, commonly housewives have the driving factors for doing entrepreneurship besides they have potential support both mentally and materially. Therefore, in the effort to encourage women's entrepreneurial behavior in this region, Lurah Lette collaborates on soft skills training with ITB Nobel Indonesia community service with Dinas Koperasi Makassar where the activity stimulates the formation of entrepreneurial character through experiential learning methods in adult learning (andragogy) whereas Dinas Koperasi provides information about government assistance and programs to promote entrepreneurial behavior among the people of Makassar City.
Sosialisasi Variasi Produk UKM Dan Pengelolaan Keuangan BUMDesa Di Era New Normal Di Desa Manjalling Kabupaten Bulukumba Orfyanny S.Themba; Asbi Amin; Indrawan Azis
Nobel Community Services Journal Vol 1 No 1 (2021): Nobel Community Services Journal
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat ITB Nobel Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37476/ncsj.v1i1.2163

Abstract

Tujuan dan target dari BUMDes dapat dicapai jika dikelola dengan benar dan profesional karena dalam esensi BUMDes adalah hadir sebagai solusi bagi masyarakat dalam mengembangkan usaha kreatif dan UKM di desa. Atas dasar permasalahan yang terjadi pada mitra maka program PKM ini perlu dilakukan dengan memberikan sosialisasi tentang berbagai peluang usaha yang dapat dilakukan UKM di Era New Normal.dan tata Kelola keuangan BUMDes yang baik melalui aplikasi akuntansi sederhana sesuai dengan akuntansi yang berlaku umum. Metode yang digunakan adalah diskusi dan ceramah. Kegiatan pengabdian yang dilakukan Tim PKM ini dengan metode ceramah dan diskusi telah mampu memberikan motivasi bagi masyarakat di Desa Manjalling untuk melakukan variasi produk pada UKMnya terlebih lagi atas dukungan dari Kepala Desa Manjalling, para pelaku UKM, tokoh masayarakat dan pengurus BUMdes yang dijadikan sebagai sasaran kegiatan pengabdian pada Masyarakat. Kegiatan Pengabdian pada masyarakat ini juga dapat membantu bagi pengurus BUMdes mengetahui dan memahami tata kelola keuangan BUMDes yang baik melalui aplikasi akuntansi sederhana sesuai dengan akuntansi yang berlaku umum. The goals and targets of BUMDes can be achieved if managed properly and professionally because in essence BUMDes is present as a solution for the community in developing creative businesses and SMEs in the village. Based on the problems that occur with partners, this PKM program needs to be carried out by providing socialization about various business opportunities that can be carried out by SMEs in the New Normal Era. And good BUMDes financial governance through simple accounting applications in accordance with generally accepted accounting. The method used is discussion and lecture. The service activities carried out by the PKM Team with the lecture and discussion methods have been able to provide motivation for the people in Manjalling Village to make product variations for their SMEs, especially with the support from the Manjalling Village Head, SME actors, community leaders and BUMdes management who are used as the target of the activity. community service. This community service activity can also help BUMdes management know and understand good BUMDes financial governance through simple accounting applications in accordance with generally accepted accounting
Pemanfaatan Ekosistem Mangrove Berbasis Sustainable Development Goals (SDGS) Di Desa Sanjai Kabupaten Sinjai Rahmat Januar Noor; Muhammad Imran Lapong; Arnold Kabangnga
Nobel Community Services Journal Vol 1 No 1 (2021): Nobel Community Services Journal
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat ITB Nobel Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37476/ncsj.v1i1.2164

Abstract

Keberadaan ekosistem pesisir, seperti mangrove, apabila dikelola dengan baik maka dapat memberi manfaat bagi masyarakat utamanya masyarakat sekitar. Namun tidak adanya edukasi terkait pemanfaatan ekosistem mangrove sehingga terkadang masyarakat tidak terlalu peduli dan cenderung melakukan aktivitas ekstraktif yang dapat merusak fungsi ekosistem mangrove. Desa Sanjai merupakan salah satu desa yang terletak di pesisir Kabupaten Sinjai dan memiliki ekosistem mangrove yang selama ini tidak dikelola dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat terkait pemanfaatan ekosistem mangrove melalui konsep yang terintegrasi dengan prinsip Sustainable Development Goals yang merupakan program nasional. Metode pengabdian yang dilakukan yaitu ceramah dan dialog. Berdasarkan hasil pretest dan posttest serta menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan motivasi dari peserta, yang terdiri dari tokoh masyarakat, kepala dusun, dan pemerintah desa, untuk mengelola ekosistem mangrove dengan prinsip-prinsip yang berkelanjutan seperti penerapan ekowisata, diversifikasi produk perikanan, dan penyediaan jasa transportasi perahu. The existence of coastal ecosystems, such as mangroves, if managed properly can provide benefits to the community, especially the surrounding community. However, there is no education related to the use of the mangrove ecosystem so that sometimes people do not really care and tend to carry out extractive activities that can damage the function of the mangrove ecosystem. Sanjai Village is one of the villages located on the coast of Sinjai Regency and has a mangrove ecosystem that has not been managed properly. Based on these problems, this service program aims to improve community knowledge and skills related to the use of mangrove ecosystems through an integrated concept with the principle of Sustainable Development Goals which is a national program. The service method used is lecture and dialogue. Based on the results of the pretest and posttest and shows that there is an increase in the knowledge and motivation of participants, consisting of community leaders, hamlet heads, and village governments, to manage mangrove ecosystems with sustainable principles such as the application of ecotourism, diversification of fishery products, and the provision of services. boat transportation for fishing activities
THE COMMUNITY DEVELOPMENT OF SANGKARRANG OCEAN DIVE GROUP THROUGH CORAL STOCK CENTER AND CORAL TRANSPLANTATION AT BARRANG LOMPO ISLAND Fathuddin Fathuddin; Rahmat Januar Noor; Muhammad Imran Lapong; Andi Ramlan; Ardy Ardy; Syahrul Harijo
Nobel Community Services Journal Vol 2 No 1 (2022): Nobel Community Services Journal
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat ITB Nobel Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37476/ncsj.v2i1.2436

Abstract

The coastal waters of Barrang Lompo Island have suffered severe damage to coral reefs so that the islanders no longer benefit from the existence of coral reef ecosystems. Based on these conditions, this program aimed to improve the conditions of coral reef ecosystems through the coral stock center, coral transplants, and the promotion of education-based tourism programs. The implementing method of the activity is through technical guidance, procurement of vertical artificial reef installations, procurement of the spider model coral transplantation, and promotion of marine tourism education programs through social media and websites. The results of the program impact analysis showed that the coral stock center supported the concept of marine education tourism where the interest of tourists to visit Barrang Lompo Island is increasing and gives a multiplier effect for partners, such as an increase the partnership, the economic conditions, increase in partner knowledge and competence related to coral reef ecosystems, and diving skills license.
KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT: PELATIHAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN UNTUK UMKM DI KABUPATEN PINRANG Rahman Pura; Sahidah Sahidah; Sutiati Sutiati; Eva Marin Sambo; Andi Sultati; Muzdalifah Muzdalifah; Ryan Putra Hafikar
Nobel Community Services Journal Vol 2 No 1 (2022): Nobel Community Services Journal
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat ITB Nobel Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37476/ncsj.v2i1.2748

Abstract

The purpose of the activity is to improve understanding of bookkeeping management for Small and Medium Enterprises in Pinrang Regency. Methods of delivering material in the form of lectures. The lecture form is used by the speaker to convey the activity material, then proceed with simulation and discussion. Training activities provide benefits in increasing the ability and convenience in managing MSME finances
SOSIALISASI PERHITUNGAN DAN PELAPORAN PAJAK UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KABUPATEN PINRANG Asbi Amin; Sitti Mispa; Nuramal Nuramal; Syiar Rinaldy; Lusiana Kanji; Anim Wiyana; Nurhasanah Nurhasanah
Nobel Community Services Journal Vol 2 No 1 (2022): Nobel Community Services Journal
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat ITB Nobel Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37476/ncsj.v2i1.2867

Abstract

Tujuan yang diharapkan dari pengabdian masyarakat ini ialah UMKM mampu memahami tentang dasar dan peraturan perpajakan pada UMKM agar pelaku usaha UMKM mampu memenuhi kewajiban perpajakannya. Atas dasar permasalahan yang terjadi pada mitra maka program PKM ini perlu dilakukan dengan memberikan sosialisasi tentang adanya PP No 23 tahun 2018 bagi UMKM yang memiliki Omzet di bawah Rp 4,8 miliar dalam setahun dengan Tarif 0,5% dan hanya berlaku selama 7 (tujuh) tahun untuk Orang Pribadi dan 3 tahun Untuk UMKM badan. Metode yang digunakan adalah diskusi dan ceramah. Kegiatan pengabdian yang dilakukan Tim PKM ini dengan metode ceramah dan diskusi telah mampu menambah wawasan, Motivasi dan pemahaman mengenai PPh Final UMKM kedepannya. Pelaku UMKM juga diharapkan untuk disiplin dan tepat waktu dalam pelaporan dan pembayaran dan sesuai dengan Standart yang berlaku.dan juga dengan adanya Insentif pajak UMKM selama Pandemi Covid 19, diharapkan Pelaku UMKM dapat menggunakan Insentif tersebut The expected goal of this community service is that UMKM are able to understand the basics and regulations of taxation on UMKM so that UMKM business actors are able to fulfill their tax obligations. On the basis of the problems that occur with partners, this PKM program needs to be carried out by providing socialization regarding the existence of PP No. 23 of 2018 for MSMEs that have a turnover of below Rp. 4.8 billion in a year with a 0.5% tariff and only valid for 7 (seven) years. for private person and 3 years for UMKM entities. The method used is discussion and lecture. The service activities carried out by the PKM Team with the lecture and discussion methods have been able to add insight, motivation and understanding about the UMKM Final PPh in the future. UMKM actors are also expected to be disciplined and timely in reporting and paying and in accordance with applicable standards. And also with the UMKM tax incentives during the Covid 19 Pandemic, UMKM actors are expected to be able to use these incentives.
PENYULUHAN HUKUM PELUANG DAN TANTANGAN E- COMMERCE DI TINJAU DARI HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (UUPK) DAN UNDANG – UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (ITE) DI SISWA SMA UMI MAKASSAR Sri Lestari Poernomo
Nobel Community Services Journal Vol 2 No 1 (2022): Nobel Community Services Journal
Publisher : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat ITB Nobel Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37476/ncsj.v2i1.2868

Abstract

E- Commerce memberikan banyak keuntukan kepada konsumen dalam bentuk ketersediaan barang dengan biaya rendah, pilihan yang lebih luas dan menghemat waktu. E-Commerce melibatkan menjalankan bisnis dengan menggunakan alat komunikasi moderent. Penyuluhan Hukum ini di adakan kepada siswa SMA UMI Makassar yang rata–rata sering menggunakan aplikasi online di handphone nya dalam melakukan transaksi online, penyuluhan hukum ini mencoba untuk memberikan edukasi bagi siswa- siswa SMA UMI. Peluang yang muncul dapat memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam berbelanja. Akan tetapi di balik kemudahan itu, juga muncul ancaman kerugian, wanprestasi serta penipuan dari pelaku usaha online. Oleh karena perlindungan konsumen sangat perlu di ciptakan tidak hanya dengan aturan hukum yang mengakomodir tetapi di dukung dengan kesadaran diri, untuk selektif dan hati – hati dalam melakukan transaksi online, pengabdian ini berbasis penerapan Undang- Undang Perlindungan Konsumen dan Undang= Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. E- Commerce provides consumers with a lot of appropriations in the form of availability of goods at low cost, a wider choice and saving time. E-Commerce involves running a business using modern communication tools. This Legal Counseling is held to students of UMI Makassar High School who on average often use online applications on their cellphones in making online transactions, this legal counseling tries to provide education for UMI High School students. The opportunities that arise can provide convenience and practicality in shopping. However, behind this convenience, there is also the threat of loss, default and fraud from online business actors. Therefore, consumer protection really needs to be created not only with the rule of law that accommodates but is supported by self-awareness, to be selective and careful in conducting online transactions, this service is based on the application of the Consumer Protection Law and the Electronic Information and Transaction Law