Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 1 (2024): Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dinamika Psikologi Anak dalam Proses Pendidikan: Perspektif Seorang Calon Guru Sekolah Dasar

Asitah, Nur (Unknown)
Laili, Muawwinatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek kritikal dalam pembentukan karakter dan kecerdasan anak. Proses pendidikan tidak hanya melibatkan transfer ilmu pengetahuan tetapi juga pengembangan sosial dan emosional siswa. Penelitian ini mengkaji isu terkait pentingnya pemahaman dinamika psikologi anak dalam proses pendidikan untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran di sekolah dasar. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi bagaimana pengalaman mengajar dapat mempengaruhi pemahaman dan penerapan teori psikologi anak oleh calon guru sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui studi kasus pengalaman mengajar yang mencakup observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pengajaran yang mempertimbangkan kebutuhan psikologis individu siswa dapat secara signifikan meningkatkan interaksi dan hasil pembelajaran. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah penggarisan pentingnya integrasi pengalaman praktik mengajar dalam pendidikan guru, yang mendukung penerapan teori psikologi anak. Education is one of the critical aspects in shaping children's character and intelligence. The educational process involves not only the transfer of knowledge but also the social and emotional development of students. This research examines issues related to the importance of understanding the dynamics of child psychology in the educational process to improve the effectiveness of learning in elementary schools. The aim is to explore how teaching experience can influence the understanding and application of child psychology theories by prospective primary school teachers. The research method used was a qualitative approach through a case study of teaching experiences that included observation, in-depth interviews, and document analysis. The results showed that a teaching approach that considers students' individual psychological needs can significantly improve learning interactions and outcomes. The main contribution of this research is the outlining of the importance of integrating teaching practice experiences in teacher education, which supports the application of child psychology theory.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

plppgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PLPPGSD) merupakan terbitan berkala yang dikelola oleh Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Terbitan berkala ini diterbitkan dalam versi daring dengan akses terbuka dan unduhan gratis. PLPPGSD menerbitkan artikel ilmiah tentang ...