Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Pemasaran Digital pada UMKM dengan Memanfaatkan TikTok Shop Sebagai Wirausaha Kreatif di Pekanbaru. Proses pemecahan masalah dilakukan melalui metode PAR 4 tahapan untuk setiap siklusnya yaitu perencanaan (Plan action), tindakan (Take Action), pengamatan (observe) dan Refleksi (Reflection). Pelatihan ini diikuti oleh 22 peserta UMKM yang tersebar di Panam, Pekanbaru. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan, dapat disimpulkan bahwa pemahaman UMKM sebelum dilakukan pelatihan pemasaran digital dalam memasarkan produk sebesar 62,34%, sedangkan kemampuan memanfaatkan Fitur Tiktok dalam memaksimalkan pemasaran yang menarik dan efektif bagi UMKM sebesar 32,73%. Adanya peningkatan kemampuan pemasaran digital pada UMKM dengan memanfaatkan platform tiktok sebagai wirausaha kreatif setelah mengikuti pelatihan sudah mengenal pemasaran, hal ini terlihat dari hasil uji T-Paired yang telah dilakukan menggunakan SPSS di atas, diketahui bahwa nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05). Adanya respon positif peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan pemasaran digital dengan memanfaatkan platform tiktok yang ditunjukkan melalui kepuasan, antuasisme, pengalaman, peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam memanfaatkan platform tiktok lebih maksimal untuk pemasaran digital produk UMKMnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025