Perencanaan dan pengembangan karir siswa merupakan aspek yang sangat penting dalam pendidikan, terutama dalam membantu siswa mengidentifikasi minat dan bakat yang dimiliki. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendukung proses ini adalah dengan menggunakan Differential Aptitude Test (DAT), yang dapat mengukur berbagai kemampuan kognitif siswa dan memberikan gambaran mengenai potensi akademik serta jalur karir yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis berbagai artikel yang membahas penggunaan DAT dalam pengembangan dan perencanaan karir siswa. Sumber data diperoleh melalui Google Scholar diperoleh sebanyak 8 artikel dan difokuskan pada studi yang meneliti efektivitas, validitas, serta penerapan DAT dalam konteks pendidikan. Hasil studi menunjukkan bahwa DAT efektif dalam mengidentifikasi minat dan bakat siswa serta dapat membantu siswa dalam menentukan jalur pendidikan dan karir. Oleh karena itu, implementasi DAT dalam pendidikan perlu disertai dengan bimbingan yang tepat agar siswa dapat memahami hasil tes dan menggunakannya secara optimal dalam pengambilan keputusan akademik dan karir.
Copyrights © 2025