Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 02 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Mei 2025

Peran Ustadzah Sebagai Uswatun Hasanah Terhadap Kedisiplinan Santriwati Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 8 Lampung Timur

Ramadhani, Rizkika (Unknown)
Mardiana, Mardiana (Unknown)
Putra, Arizal Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 8 Lampung Timur merupakan lembaga pendidikan Islam yang menekankan pembentukan akhlak dan kedisiplinan santriwati. Sebagai bagian dari sistem pendidikan, ustadzah memiliki peran sebagai uswatun hasanah (teladan yang baik) dalam membimbing santriwati, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Meskipun peran ustadzah sangat penting, implementasinya menghadapi tantangan, seperti kurangnya konsistensi dalam kedisiplinan dan pengaruh faktor eksternal yang mempengaruhi fokus santriwati. Walaupun evaluasi kedisiplinan sudah dilakukan secara rutin, efektivitasnya masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan ustadzah dalam membentuk kedisiplinan santriwati dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan sistem pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan strategi baru yang efektif dalam memperkuat peran ustadzah sebagai teladan dalam menanamkan kedisiplinan santriwati.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...