Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 02 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Mei 2025

Peran Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Menumbuhkan Budaya Positif di Sekolah

Saputri, Eka (Unknown)
Dalman, Dalman (Unknown)
Romadhianti, Rona (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Kurangnya budaya positif di sekolah menjadi tantangan yang harus segera diatasi, salah satunya melalui program Kampus Mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa Kampus Mengajar dalam menumbuhkan budaya positif di Sekolah. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah di SDN 30 Way Lima. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi.  Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa Kampus Mengajar mampu menumbuhkan budaya positif dalam aspek motivasi belajar, kepedulian sosial, kreativitas, ketekunan, disiplin, literasi, dan keterlibatan aktif peserta didik. Program ini relevan diterapkan di sekolah dengan iklim yang kurang inovatif, kurang motivasi belajar, kurangnya kesadaran lingkungan, serta kurangnya pemanfaatan teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...