Pengintegrasian teknologi di dalam proses pembelajaran merupakan hal penting dalam membangun pengetahuan peserta didik. Keberadaan teknologi menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengintegrasikan teknologi pembelajaran berbantu Google Earth dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dari George Lucas Education Foundation bagi peserta didik kelas X di MAN 1 Pontianak pada elemen keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualititatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis interaksi Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan studi dokumentasi yang diperoleh dari daftar nilai guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterampilan proses dengan menggunakan model pembelajaran PjBL berbantu google earth pada peserta didik kelas XA sebesar 85%, XB sebesar 90%, XC sebesar 75%, XD sebesar 90%, XE sebesar 75%, XF sebesar 87,5%, XG sebesar 87,5%, XH sebesar 82,5%, dan XI sebesar 82,5%. Rerata persentase keseluruhan sebesar 83,88%. Dapat disimpulkan model pembelajaran PjBL berbantu google earth efektif dalam membangun keterampilan proses peserta didik kelas X di MAN 1 Pontianak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025