Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 02 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Mei 2025

Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Bangun Datar Siswa SD

Susanti, Susi (Unknown)
Saputro, Totok Victor Didik (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika serta kurangnya pemanfaatan teknologi oleh guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul berbasis kearifan lokal pada materi bangun datar yang sesuai untuk siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data diperoleh melalui validasi oleh ahli serta uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru kelas. HasilĀ  penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memperoleh skor validitas rata-rata 119.0 dan penilaian kepraktisan oleh guru mencapai skor rata-rata 51, keduanya dalam kategori sangat tinggi penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis dengan kategori sangat baik. E-modul juga mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Kesimpulannya, e-modul berbasis kearifan lokal layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di sekolah dasar karena dapat mendukung pembelajaran yang kontekstual dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...