Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 02 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Mei 2025

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dengan Bantuan Media Konkret Berbasis Game Edukasi (Media Papeda) di Kelas III SDN Sunyaragi 1 Tahun Pelajaran 2024/2025

Fitriani, Sindy Novita (Unknown)
Sugesti, Ikariya (Unknown)
Amanah, Amanah (Unknown)
Sudarnati, Sudarnati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dengan bantuan media konkret berbasis game edukasi yaitu media papeda (Papan Pengetahuan Bangun Datar) bagi peserta didik kelas III di SDN Sunyaragi 1 tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan rendahnya minat belajar peserta didik pada pelajaran Matematika. Hal tersebut dikarenakan dalam proses belajar mengajar guru belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan model Kemmis and Mc. Targgart. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas III yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Teknik analisis daya yang peneliti laksanakan yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan rerata dan ketuntasan nilai hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Matematika pada materi bangun datar. Berdasarkan analisis data yang telah peneliti laksanakan, diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pra-siklus dengan rata-rata hasil belajar sebesar 56,56 termasuk kedalam kategori cukup dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 40,63%. Pada tahapan siklus 1, rata-rata hasil belajar peserta didik 66,56 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 59,38%. Hasil ketuntasan belajar tersebut masih kurang memuaskan, sehingga perlu dilakukannya perbaikan. Peneliti melakukan refleksi dan lebih memanfaatkan media papeda dalam proses pembelajaran. Pada tahapan siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 86,63 termasuk kedalam kategori sangat baik dan persentase ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media konkret berbasis game edukasi yaitu media papeda (Papan Pengetahuan Bangun datar) dapat meningkatkan hasil belajar mata matematika pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas III di SDN Sunyaragi 1 tahun pelajaran 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...