Optimalisasi adalah usaha untuk mendapatkan hasil terbaik dari suatu sistem atau proses, dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengelolaan portal peduli WNI yang dilakukan oleh Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia, Kementerian Luar Negeri dalam upaya membangun komunikasi, memberi dan menerima informasi serta mengoptimalkan pelayanan terhadap publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori komunikasi public yang bertujuan untuk mengetehui dan memahami upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintahan dalam mengoptimalkan komunikasi digital melalui portal. Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk memahami perspektif subjek penelitian, bukan sekadar menjelaskan fenomena berdasarkan sudut pandang peneliti. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan portal yang dilakukan oleh Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia seperti penyederhanaan penggunaan portal (user friendly), Memberikan benefit serta memudahkan proses lapor diri demi kenyamanan pelayanan WNI.
Copyrights © 2025