journal of social and economic research
Vol 6 No 2 (2024): JSER, December 2024

PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROSES, & PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMODERASI KETERAMPILAN TENAGA PENJUAL PADA APLIKASI DIGITAL “KAWAN CUSTOMER” PT WOM FINANCE TBK CABANG DAAN MOGOT

Roland Andi Setia (Unknown)
Bernard T. Widjaja (Unknown)
Saparso (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, proses, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada aplikasi digital "KAWAN Customer" PT WOM Finance Tbk Cabang Daan Mogot, dengan keterampilan tenaga penjual sebagai variabel moderasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data berbasis uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai P Values masing-masing 0.000 dan 0.009. Namun, promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai path coefficient 0.531. Keterampilan tenaga penjual tidak memoderasi hubungan antara kualitas produk dan keputusan pembelian (P Values 0.546), namun memiliki peran moderasi positif yang signifikan pada hubungan antara proses dan keputusan pembelian (P Values 0.006), serta promosi dan keputusan pembelian (P Values 0.002). Dengan demikian, peningkatan kualitas produk dan proses yang baik dapat langsung meningkatkan keputusan pembelian, sementara efektivitas promosi dapat diperkuat dengan keterampilan tenaga penjual yang memadai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is published by Ikatan Dosen Menulis in collaboration with GoAcademica CRP. Publishing twice times a year, ie Issue 1 Issue 2 in June and December and already have a registration number p-ISSN: 2715-6117 and e-ISSN: 2715-6966 since ...