JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
Vol. 11 No. 2 (2024): Desember - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

MODEL PENGALAMAN PEMBELAJARAN KOLB DAN KEMAMPUAN PEMIKIRAN KRITIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA

Saragih, Abdul Hasan (Unknown)
Sibuea, Abdul Muin (Unknown)
Panjaitan, Keysar (Unknown)
Mursid, R. (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan model pembelajaran pengalaman Kolb yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini akan menggunakan model ADDIE sebagai dasar untuk meneliti dan mengembangkan model tersebut. Dalam Program Studi Pendidikan Teknik Mesin di Fakultas Teknik Unimed, mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan adalah subjek penelitian ini. Proses pengembangan penelitian model pembelajaran pengalaman Kolb dimulai dengan pengujian individu, kelompok kecil, dan lapangan pada siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pengalaman Kolb dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan ke Nilai rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran pengalaman Kolb lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional untuk menguji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

teknologi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil ...