Minat belajar merupakan keinginan seseorang dalam belajar yang datang dari dirinya sendiri sehingga ia tertarik dengan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis audio visual terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design) dan sampel diambil berdasarkan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian angket kepada siswa dan observasi kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelas kontrol yang hanya menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil analisis data nilai rata-rata kelas kontrol pada pre-test 64,56 dan pada post-test 80,75 sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata diperoleh pada pre-test sebesar 70,00 dan pada post-test sebesar 92,22. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus Paired Sample T Test dengan taraf signifikansi 5% dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil analisis tersebut terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 5 Mataram dalam penggunaan media audio visual dibandingkan dengan hanya menggunakan model konvensional dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025