Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media audio-visual pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pondok Pesantren Darul Istiqomah. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada minat belajar siswa. Pada pra-siklus, minat belajar tercatat sebesar 64,28%, yang meningkat menjadi 82,14% pada siklus I, dan mencapai 92,85% pada siklus II. Penggunaan lulur me.ia audio-visual terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menarik, meningkatkan motivasi, dan mempermudah pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, khususnya materi sholat dhuha. Penelitian ini menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi pendidikan seperti media audio-visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menyarankan peningkatan fasilitas pendukung di pondok pesantren untuk optimalisasi pembelajaran berbasis teknologi.Kata Kunci: Media Audio Visual, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam
Copyrights © 2025