Publician: Journal of Public Service, Public Policy, and Administrastion
Vol. 3 No. 2 (2024): PUBLICIAN: Journal of Public Service, Public Policy, and Administrastion, Juli

Strategi Pelayanan Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Di Kabupaten Luwu Timur

H. Ali, Aisyah Nur Azizah (Unknown)
mal, Syamsuddin (Unknown)
Nurkaidah, Nurkaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip pengelolaan perpustakaan dan jaminan kualitas layanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Kabupaten Luwu Timur pada program Giat Literasi dan Sejuta Buku bagi Luwu Timur (GLLT). Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Luwu Timur. Pelaksanaan GLLT sesui dalam Undang-undang No. 43 Tahun 2007 pasal 50 disebutkan: “Pemerintah dan pemerintah daerah memfasilitasi dan mendorong pembudayaan kegemaran membaca sebagaimana di atur dalam pasal 48 3 ayat (2) sampai dengan ayat (4) dengan menyediakan bahan bacaan bermutu, murah, dan terjangkau serta menyediakan sarana dan prasarana perpustakaan yang mudah diakses”. Kedua program tersebut belum sepenuhnya terlaksana sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang gerakan ini. Hal ini mendorong peneliti untuk mempertimbangkan beberapa aspek program dalam kaitannya dengan strategi yang dilakukan pustakawan dalam melaksanakan program GLLT dengan menjadikan Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Luwu Timur sebagai tempat penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deduktif yang mengkaji fenomena secara umum untuk menemukan hasil yang spesifik melalui wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sumberdaya manusia masih dibawah rata-rata penyabab hal tersubut dikarnakan sumber daya yang digunakan oleh DPK tidak mempunyai Lulusan Sarjana Perpustakaan, pelayanan yang diberikan sudah berdampak pada kepuasan pustakawan dan program sejuta buka berdampak pada kuantitas buku untuk pustakawan sangat terbantu dalam pencarian buku, DPK dalam program Giat Literasi, melakukan tugasnya bersungguh sungguh dimana dalam penyampaian informasinya sudah terarah dengan baik dan sepenuhnya diberikan kepada masyarakat dan melibatkan kominfo, DPK tidak menjamin mengenai keamanan pustkawan melainkan kenyamanan yang di utamakan, DPK sangat memperhatikan masyarakat yang kurang meminati pentingnya literasi, bahan sudah baik dilihat dari kualitas bahan pustaka sarana dan prasaran yang memadai.. Research aimed to find out the application of library management principles and quality assurance of library services at the Library and Archives Service in East Luwu Regency in the Active Literacy and One Million Books Program for East Luwu (GLLT) The program aims to increase the reading interest of the people of East Luwu. Implementation of GLLT according to Law no. 43 of 2007 article 50 states: "The government and local governments facilitate and encourage the cultivation of a love of reading as stipulated in Article 48 3 paragraph (2) to paragraph (4) by providing quality, inexpensive and affordable reading materials as well as providing facilities and infrastructure easily accessible library. The two programs have not been fully implemented so there are still many people who do not know about this movement. This prompted researchers to consider several aspects of the program in relation to the strategy undertaken by librarians in implementing the GLLT program by making the East Luwu District Library and Archives a research location. This study uses a qualitative approach with a deductive method that examines phenomena in general to find specific results through interviews, observations and documents. The results of the study show that the ability of human resources is still below the average, the reason for this is because the resources used by DPK do not have Librarian Bachelor graduates, the services provided have had an impact on librarian satisfaction and the one million open program has an impact on the quantity of books for librarians, it is very helpful in searching books, DPK in the Literacy Initiative program, carries out their duties seriously where in the delivery of information it is well-directed and fully provided to the community and involves the Ministry of Communication and Information, DPK does not guarantee the safety of librarians but comfort is prioritized, DPK is very concerned about people who are less interested in the importance of literacy , the material is good in terms of the quality of library materials and adequate facilities and infrastructure.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

PUBLICIAN: Journal of Public Service, Public Policy, and Administrastion merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan hasil pemikiran termasuk pengembangan dan review bidang Ilmu Administrasi Negara pada bidang Birokrasi dan Administrasi Pembangunan, Desentralisasi dan Otonomi ...