Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan model kooperatif tipe STAD guna meningkatkan prestasi akademik siswa kelas II SD Negeri 2 Mataram. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa dan guru serta tes evaluasi hasil belajar pada akhir setiap siklus. Kriteria keberhasilan ditetapkan pada nilai minimal 70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa mencapai 68,3 dengan ketuntasan 45%, sementara pada siklus kedua meningkat menjadi 80,33 dengan ketuntasan 93%. Selain itu, aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan, dari kategori cukup baik dan aktif menjadi sangat baik dan sangat aktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa optimalisasi pembelajaran IPS melalui model kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas II SD Negeri 2 Mataram..
Copyrights © 2024