Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD
Vol 3, No 3 (2024): PEDAPAUD: JURNAL PENDIDIKAN DASAR DAN PAUD

Optimalisasi Pembelajaran IPS Melalui Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Siswa

Najwa, Lu'luin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan model kooperatif tipe STAD guna meningkatkan prestasi akademik siswa kelas II SD Negeri 2 Mataram. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa dan guru serta tes evaluasi hasil belajar pada akhir setiap siklus. Kriteria keberhasilan ditetapkan pada nilai minimal 70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa mencapai 68,3 dengan ketuntasan 45%, sementara pada siklus kedua meningkat menjadi 80,33 dengan ketuntasan 93%. Selain itu, aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan, dari kategori cukup baik dan aktif menjadi sangat baik dan sangat aktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa optimalisasi pembelajaran IPS melalui model kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas II SD Negeri 2 Mataram..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PeDaPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD (PEDAPAUD) dengan nomor registrasi ISSN 2828-0369 (online) dan ISSN 2828-1748 (cetak) merupakan jurnal ilmiah akses terbuka dan peer-review yang menerbitkan berbagai jenis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan artikel gagasan. Semua topik yang kami terima ...